Thursday 6 December 2012

10 Bunga Terlangka di Dunia


Tentu saja tidak mudah untuk mengklasifikasikan bunga yang langka dan sulit ditemukan,terlebih lagi karena jumlah spesies bunga melebihi angka 270.000,baiklah langsung saja.

10.Campion (Silene Tomentosa)
Campion (Silene Tomentosa) 

Bunga yang hanya terdapat di Gribaltar Ini pernah dianggap sudah punah oleh komunitas ilmiah pada tahun 1992,pendapat ini muncul karena hilangnya jejak-jejak tentang penemuan maupun keberadaan.Namun pada tahun 1994,satu-satunya jenis bunga ini pernah ditemukan oleh pendaki di tebing Griblartar.kemudian tanaman ini mulai dibudidayakan dan terus dikembangbiakkan serta dijaga,Tempat perawatannya adalah di Almeda Gribraltar Botanic Gardens,juga di Royal Botanic Garden,London.

9.The Jade Vine (Strongylodon Macrobotrys)

The jane Vine

The Jade Vine adalah salah satu jenis bunga yang sangat menarik.karena memiliki perpaduan warna Biru-Hijau yang unik dan bentuknya yang mirip dengan bentuk cakar yang sangat besar.Bunga ini menjadi sangat langka,terlebih lagi karena hampir tidak pernah terlihat di alam liar,dan Keberadaan mereka juga terancam oleh deforestasi habitat alami mereka di filiphina.

8.Parrot’s Beak (Lotus Berthelotii)
Parrot's Beak (Lotus Berhelotii)

Bunga ini sudah ditetapkan sebagai bunga yang sangat langka sejak 1884.Bahkan Parrot Beak ini diyakini telah punah di alam liar,walaupun beberapa pihak mengatakan bahwa masih ada kemungkinan hidupnya bunga ini di alam liar.Tanaman ini berasal dari kepulauan Canary,penyerbukannya diyakini dengan batuan Sunbirds yang telah lama punah.Pada Tahun 2008,para peneliti pernah mencoba melakukan penyerbukan baru dari bunga ini,namun tidak ada satupun dari percobaan mereka yang berhasil.

7.Chocolate Cosmos (Cosmos Atrosanguineus)
Chocolate Cosmos

Mungkin saat ini masih banyak kita temukan anggrek coklat,Namun pernahkah anda melihat Bunga cosmos berwarna coklat?
            Bunga ini adalah spesies asli dari meksiko yang mana diyakini telah punah pada habitat asli dan juga alam liar.Bunga ini berwarna coklat tua dengan pancaran yang sangat indah,dan diameternya bisa mencapai 3-4 cm.

6.Koki’o (Kokai Cookei)
koki'o

Bunga ini berasal dari pohon yang ada di Hawaii,Pada tahun 1860 pohon koki’o terbukti sulit untuk menyebar dan dikembangbiakkan,sehingga pada tahun 1950 pohon ini dinyatakan sudah punah.hal yang mengejutkan pun terjadi 20 tahun kemudian,yaitu ditemukan satu-satunya yang masih tersisa,tetapi hancur pada tahun 1978 karena kebakaran.Namun satu cabang masih bisa diselamatkan,lalu dicangkokkan pada 23 pohon di berbagai tempat di Hawaii.Akhirnya kerja keras ini berbuah manis.Pohon tumbuh 10-11 meter dan mampu beradaptasi dengan baik.Setiap tahunnya pohon ini menghasilkan bunga yang mencapai bentuk sempurnanya.

5.Kadupul Flower (Epiphyllum Oxypetalum)
Kadupul Flower

Sebenarnya bunga ini mudah untuk dibudidayakan,Namun satu-satunya penghalang untuk melakukan itu adalah karena bunga ini sangat jarang mekar.Bunga ini ditemukan di Sri Langka,dan dipercaya  memiliki kekuatan mistis oleh umat buddha.Uniknya,bunga ini hanya mekar pada malam hari,dan tiba-tiba layu sebelum fajar.

4.Ghost Orchid (Epipogium Aphyllum/Dendrophylax Lindenii)
Ghost Orchid

Bunga ini adalah bunga yang sangat menarik menurut saya.Ghost Orchid ini adalah tanaman yang dinggap sudah lama punah,namun baru-baru ini tanaman anggrek ini seperti hidup kembali dari kuburannya,mungkin karena itu disebut Ghost=Hantu.Tanaman ini sanagat langka karena hampir mustahil untuk mengmbangbiakkannya,Selain itu,bunga ini tidak memiliki daun,serta tidak berfotosintesis untuk memproduksi makananya sendiri.Juga ia harus dibantu oleh beberapa spesies jamur tertentu untuk memperleh makanan.
            The Ghost Orchid ini dapat hidup di bawah tanah selama bertahun-tahun.Tanaman ini ditemukan di hutan Kuba,dan beberapa tempat di Florida.Bunga-bunga yang mekar antara bulan Juni dan Agustus ini memancarkan bau harum,dan hidup di menggelantung seperti hantu pada pohon cemara.

3.Yellow and Purple Lady Slippers (Cypripedium Calceolus)
Yellow and purple Lady Slippers
Tanaman Aggrek Liar yang langka ini ditemukan di daratan Eropa,dan sekaran berkembang di Inggris.Sangat banyak orang yang mencari tanaman ini,ini disebabkan nilai jualnya yang mencapai $5,000 AS.Sehingga tanaman ini sangat dilindungi,terutama dari tangan-tangan jahat yang ingin meraih keuntungan dengan tidak memperdulikan populasi tanaman ini.
            Tanaman ini sangat sulit untuk diperbanyak,yang penyebabnya hampir sama dengan the Ghost Orchid.Yaitu tidak mampu melakukan fotosintesis,dan hanya dapat melakukan hubungan simbiosis dengan jamur tertentu.

2.Youtan Poluo(Tidak Memiliki Nama ILmiah)
Youtan Poulo

Tanaman Ini adalah tanamana misterius yang ditemukan tumbuh di dalam pipa baja oleh seorang petani cina bernama pak Ding,juga ditemukan tumbuh di bawah mesin cuci seorang biarawati cina bernama Lushan.bunga ini tidak memiliki nama ilmiah,memiliki 28 potongan berwarna putih yang berukuran 1mm,tanaman ini berbau harum.Para ilmuan mengatakan bahwa bunga ini adalah bunga yang hanya mekar setiap 3000 tahun sekali.

1.The Corpse Flower (Amorphophallus Titanium)
The Corpse Flower

Bunga ini adalah bunga Langka yang berasal dari Sumatera,yaitu salah satu provinsi di negara kita tercinta:Indonesia.Tanaman ini ditemukan di dataran rendah di Indonesia,dan mungkin adalah bunga peninggalan zaman prasejarah.
            Tanaman ini memiliki bunga yang mencolok yang mana tingginya bisa mencapai 6 meter dengan diameter dapat mencapai 3 meter.Bunga ini dianggap sebagi bunga langka paling besar dan paling terancam punah di dunia.untuk memperolah makanan,ia melakukan hubungan simbiosis dengan jenis anggur Tetrastigma.Bunga ini tidak memiliki tubuh,tak bertangkai,tak berdaun, dan tak menentu.Baunya busuk dan sangat menyengat yang memancing lalat dan kumbang untuk membantu proses penyerbukan,Periode mekanya kira-kira sekitar satu minggu dan akan mati setelah itu.

Sumber:www.TopTenz.net

No comments:

Post a Comment