Thursday 30 August 2012

Semua tentang seni

A.PENGERTIAN SENI
Seni

            Seni adalah salah satu unsur kebudayaan yang tumbuh dan berkembang sejajar dengan perkembangan manusia.
-Pengertian seni menurut KBBI
            Pengertian seni menurut KBBI yaitu mencakup unsur :Halus,Lembut dan enak di dengar,Keahlian membuat karya yang bermutu dan kesanggupan akal untuk menerapkan sesuatu yang bernilai tinggi.

-Pengertian seni menurut para ahli
  1.Aris Toteles:Peniruan terhadapa alam yang harus ideal.
  2.Suzanne K Langer:Penciptaan wujud yang merupakan simbol dari perasaan manusia.
3.Achidat Kartamihardja:Kegiatan rohani manusia yang mencerminkan suatu kenyataan dalam suatu karya.
            Intinya seni merupakan karya manusia yang diciptakan dan dilandasi oleh kemahiran untuk menciptakan keindahan.

B.CABANG-CABANG SENI
            Seni digolongkan menjadi 5 cabang yang memiliki kesatuan dan keterkaitan.5 cabang tersebut antara lain adalah:
  1.Seni Rupa
Seni Rupa

          Cabang seni yang pertama adalah Seni Rupa,dengan bentuk media berupa benda,dan indera yang dibutuhkan untuk menilai keindahannya adalah Indera Penglihatan dan Indera Peraba,dalam cabang ini hasil karyanya bebrbentuk 3 atau 2 dimensi.

  2.Seni Sastra
Seni Sastra

          Cabang selanjutnya adalah cabang Sastra,dengan bentuk media berupa Tulisan,juga indera yang digunakan untuk menilai keindahannya adalah indera Penglihatan,dan karya sastra ini berupak karya 2 dimensi.

  3.Seni Musik
Seni Musik

          Bentuk media pada cabang ini adalah suara,benda,manusia dan gerak.Sedangkan indera yang diperlukan untuk menilai keindahan seni ini adalah Indera pendengaran dan juga indera penglihatan.Digolongkan dalam karya 3 dimensi dan juga Waktu.

4.Seni Tari
Seni Tari

          Cabang ini memiliki media berupa tubuh manusia,musik dan gerak.Dalam cabang ini indera yang dibutuhkan untuk menilainya adalah inderea penglihatan yang dipadukan dengan indera pendengaaran.Seni tari ini termasuk karya 3 Dimensi dan Waktu.

5.Seni Teater
Seni Terater

          Selanjutnya adlah cabang teater,Medianya bebrupa manusia,benda,alam dan akting dengan sura /musik.Indera yang digunakan untuk menilai keindahannya adalah Indera penglihatan dan indera pendengaran.Sedangkan karya dari cabang ini termasuk dalam karya 3 dimensi dan waktu.

C.PEMBAGIAN SENI BERDASARKAN FUNGSINYA
-Fungsi individual
            Manusia terdiri dari unsur fisik dan juga unsur psikis,salah satu unsur psikis ini adalah emosi.Oleh karena itu,Fungsi individual ini dibagi lagi menjadi beberapa fungsi pemenuhan kebutuhan:
  1.Fungsi Fisik
          Fungsi ini banyak banyak di penuhi melalui seni dengan hubungan proses kehidupan manusia yang banyak berhubungan dengan fisik.Contonya adalah rumah.
2.Fungsi Emosional
          Fungsi emosional dipenuhi dengan seni murni baik dari segi perbuatan,pengubahan maupun konsumen.Contohnya adalah lukisan.

-Fungsi Sosial
            Artinya fungsi ini dapat dnikmati dan dimanfaatkan bagi kepentingan orang banyak(umum).Fungsi ini dikelompokkan menjadi beberapa bidang,yaitu:
  1.Rekreasi/Hiburan
          Seni dapat dijadikan sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan.Contohnya:dengan mendengarkan musik hati kita terasa damai,sehingga dapat melupakan masalah yang ada untuk sejenak.
  2.Komunikasi
          Seni juga dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi.Contohnya dengan memberikan kritik,gagasa,pesan dan kebijakan kita terhadap karya seni yang telah ada.

-Fungsi Pendidikan
            Dalam hall ini,seni juga dapat membantu dalam proses menyebarkan ilmu.Antara lain dapat dilakukan dengan media berupa film ilmiah,film dokumenter,poster ilmiah dan masih banyak lagi yang lainnya.

-Fungsi Religi
                        Ternyata seni tidak hanya dihubungkan dengan segala hal yang berhubungan dengan dunia lho tetapi juga dapat bermanfaat dalam hal keagamaan.Contohnya adalah kaligrafi,busana muslim atau dekorasi rumah ibadah,dan masih banyak lagi yang lainnya.

No comments:

Post a Comment