Friday 10 May 2013

Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

SitusTopInfo - Aktivitas atau kegiatan yang menyibukan sering kali menjadi salah satu faktor berkurangnya daya tahan tubuh, apalagi jika kita sering bergelut dalam gaya hidup yang tidak sehat tentu saja tubuh akan sering terasa sakit - sakitan. Jika anda salah satu orang yang ingin hidup sehat meski kesibukan terus ada, maka satu hal yang harus anda lakukan dari saat ini adalah mengubah kebiasan lama, yaitu kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat.
Berikut ini beberapa tips untuk gaya hidup sehat dan awet muda:

Melakukan Olahraga
Mungkin terlalu asik nonton TV, kerja dikantor, browsing di internet atau hal kesibukan lainnya, memungkinkan anda akan lupa bahwa telah duduk beberapa jam lamanya. Sebenarnya hal ini tidak baik dan harus segera dihindari, ada baiknya bila anda memiliki waktu luang agar dimanfaatkan untuk berolahraga.
Memilih Makanan Secara CerdasSebelum mengunyah sesuatu yang terasa enak di mulut, maka berpikirlah terlebih dahulu sebelum menelan makanan tersebut. Pastikan bahwa anda tidak memilih makanan yang tinggi kadar kalori, namun rendah nutrisi. Meningkatkan konsumsi buah dan sayuran adalah pilihan yang paling tepat, selain itu anda juga dapat memilih makanan yang memiliki kadar serat tinggi yang terkandung dalam biji-bijian. Pilih juga makan protein tanpa lemak seperti daging ayam atau ikan dan juga tahu.
Menjaga Kesehatan Emosional
Hampir setiap orang menghadapi yang namanya stress, pastikan bahwa anda telah mengetahui bagaimana menangani stress ketika anda sedang mengalaminya. Hal ini mungkin bisa dilakukan dengan cara beristirahat, melakukan latihan pernafasan atau berbicara dengan seseorang yang anda percaya. Bila Anda belum dapat menghilangkan stres dengan cara-cara yang sudah disebutkan, maka sebaiknya Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter, konselor, atau orang lainyang Anda anggap memiliki pengetahuan tentang cara mengatasi stress.
Memilih Hubungan yang Sehat
Anda harus memiliki hubungan yang sehat dengan teman-teman, anggota keluarga atau orang terdekat anda. Pastikanlah setiap orang yang dekat dengan anda hanya dapat mempengaruhi anda dengan cara yang positif. Dalam berhubungan dengan orang lain anda juga harus memastikan bahwa anda memang dihormati, dihargai, dan dianggap penting dalam hubungan tersebut.


Semoga tips di atas dapat sedikit membantu anda untuk menjalani kehidupan yang sehat.

No comments:

Post a Comment