Tuesday 28 May 2013

iPhone Tips - Cara Jaibreak iPhone dan Keuntungannya



SitusTopInfo - Smartphone saat ini memang sangat beragam. Akan tetapi seperti produk lainnya setiap versi ataupun vendor smartphone memiliki pasarnya sendiri. Jika berbicara mengenai eksklusifitas, iPhone adalah salah satu smartphone yang diunggulkan, selain menawarkan desain body yang elegan dan berkelas, iPhone juga dilengkapi dengan system operasi iOS yang dikenal sangat eksklusif. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan smartphone Android yang sudah sangat merakyat dan banyak digunakan.
Bagi pemilik, memiliki iPhone juga memberikan kebanggaan tersendiri, namun sayangnya kemampuan maksimal dari iPhone tidak pernah dibuka secara default. Dan untuk membangkitkan kemampuan maksimalnya, belenggu yang ada pada iPhone harus dibongkar. Istilah membongkar batasan ini biasa disebut dengan istilah jailbreak.
Bagi orang awam, menjailbreak iPhone tampak seperti hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Akan tetapi kini semua itu bisa dilakukan dengan sedikit usaha saja, dengan bantuan beberapa tool jailbreak, iPhone bisa beroperasi dengan lebih optimal. Lantas Bagaimana caranya menjailbreak iPhone? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut trik yang bisa dilakukan.

Menjailbreak iPhone

Trik menjailbreak iPhone khususnya untuk perangkat non-A5 sebenarnya tidak terlalu sulit.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengupdate versi iOS menjadi versi 5.0.1. Setelah itu download program redsn030.9.10b3. Program ini tersedia dalam dua versi yaitu versi Mac dan Windows. Dalam hal ini pilih sesuai dengan system operasi PC yang akan digunakan untuk menjailbreak iPhone.
Setelah itu hubungkan iPhone dengan PC dan jalankan redsn0w dan matikan iPhone. Pada jendelaredsn0w ada tombol jailbreak, klik tombol tersebut dan ikut langkah berikutnya. Ikuti saja instruksi yang ada. Setelah memasuki mode DFU segera klik tombol next. Setelah itu tekan tombol power selama 3 detik dilanjutkan dengan menekan tombol home selama 15 detik. Namun ingat, saat menekan tombol home jangan lepaskan tombol power. Jika proses tersebut sukses dijalankan, maka layar redsn0w akan berubah.
Nanti akan muncul opsi jailbreak yang ingin diaktifkan. Pada tahap ini pilih sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Namun satu opsi yang wajib dipilih adalah Cydia, proses ini mungkin akan memakan waktu. Setelah proses tersebut selesai, akan muncul ikon Cydia pada home screen yang sudah siap sedia untuk digunakan menginstall app, extension bahkan melakukan modifikasi baru.
Keuntungan Melakukan Jailbreak

Beberapa keuntungan yang didapat dari jailbreak ini diantaranya adalah kustomisasi. Dengan jailbreak, pengguna bisa menginstall theme apapun yang ia suka. Selain itu pengguna juga dapat menggunakan iPhone sebagai mobile hotspot. Namun untuk melakukan hal tersebut pengguna perlu menginstall aplikasi bernama MyFi.
Selain itu pengguna juga akan memperoleh fungsi-fungsi baru dan menggunakan app yang dilarang oleh app store. Keuntungan lainnya, jailbreak juga bisa memberikan efek negatif seperti hilangnya stabilitas dan keamanan, hilangnya update rutin, sering restore wajib dan mahalnya jailbreak app.

No comments:

Post a Comment