Monday 6 May 2013

Resep dan Cara Membuat Bakso Daging Sapi

SitusTopInfo - Seperti pada umumnya bakso sampai saat ini masih menjadi makanan favorite kebanyakan orang, khususnya di indonesia. Baik perempuan, laki-laki, anak-anak dan orang tua pun masih banyak yang suka dengan yang namanya Bakso, terutama Bakso daging sapi. Rasa daging sapi yang terdapat pada dalam bulatan bakso memang menjadi ciri khas masakan yang tidak akan bisa dilupakan, sehingga banyak orang yang kecanduan makanan tersebut.
Cara membuat Bakso daging sapi yang enak ternyata sangat mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun boleh dibilang cukup sederhana dan mudah di dapatkan, bisa anda lihat menu bahan - bahanya berikut ini.
- 1 kg daging sapi giling
- 1 ons tepung kanji
- 6 siung bawang putih
- 1 sendok garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- penyedap rasa secukupnya
Dan berikut adalah proses membuatnya:
1. Haluskan bawang putih, silahkan tumbuk atau blender.
2. Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
3. Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit.
4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat.
5. Masukkan bulatan bakso ke dalam air panas,kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.

Proses membuat bulatan bakso sudah selesai, sekarang tinggal bahan untuk kuahnya:
- Tulang sapi
- Air
- Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
- Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
- Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
- gula 2 sdt
- garam 1 sdm
- lada 1/2 sdt
- daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
- kaldu sapi instan, 2 sdt
Proses membuat kuah bakso ini sangat mudah, setelah bahan - bahan semuanya tersedia anda cukup merebus air, kemudian masukan tulang dan semua bumbunya sampai mendidih hingga tulangnya menjadi matang.

Demikin tutorial tentang resep makanan Bakso, semoga dapat membantu.

No comments:

Post a Comment